SISTEM INFORMASI "TEKNIK PENGUMPULAN DATA"

 Asssalamualaikum Wr Wb

Hallo Guys, Giaman Kabarnya? Selamat datang Kembali di Blog saya, R M Fajarudin, Kali ini kita akan membahas Materi BAB V Mengenai "TEKNIK PENGUMPULAN DATA", 

Waduh... Materi ini Sangat Penting nih,, jadi jangan sampe ada yang kelewat ya bacanya, yuk kita bahas bersama..



BAB V TEKNIK PENGUMPULAN DATA

1.TEKNIK WAWANCARA    

Wawancara (interview) telah diakui sebagai teknik pengumpulan data/fakta yang penting dan banyak dilakukan dalam pengembangan sistem informasi. Wawancara memungkinkan analisis sistem sebagai pewawancara (interviewer) untuk mengumpulkan data secara tatap muka langsung dengan orang yang di wawancarai (interview).

A.           Mempersiapkan wawancara

1.     Aturlah pertemuan dengan orang yang akan diwawancarai terlebih dahulu.

2.    Utarakanlah maksud dari wawancara.

3.    Aturlah waktu wawancara yang paling tepat supaya tidak mengganggu kerja dari orang yang di wawancarai.

4.    Buatlah jadwal wawancara terlebih dahulu, bila wawancara akan dilakukan beberapa kali atau oleh pewawancara yang berbeda dan orang yang di wawancarai jug berbeda.

5.    Buatlah suatu panduan wawancara (interview guide) supaya wawancara dapat berjalan dengan lancar. Interview guide adalah daftar pengecekan (checlist) dari pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan oleh pewawancara serta penjadwalan waktunya.

B.  Melakukan wawancara

1.     Mengenalkan diri terlebih dahulu siapa sebenarnya anda.

2.    Menjelaskan apa tujuan dari wawancara ini dan hubungannya dengan proyek sistem informasi yang sedang dikembangkan.

3.    Menjelaskan peranan-peranan yang akan diberikan oleh orang yang diwawancarai dari hasil wawancara ini.

4.    Jagalah suasana wawancara tetap santai, tetapi terarah dan menyenangkan.

5.    Mintalah pendapat-pendapat atau ide-ide tambahan yang mungkin belum di ungkapkan.

6.    Pada akhir wawancara, bacakanlah rangkuman-rangkuman dari hasil wawancara dan mintalah kepada yang diwawancarai untuk membetulkan bila ada hal-hal yang tidak sesuai.

7.    Ucapkanlah terima kasih bila wawancara telah selesai serta mintalah kesediaan kembali untuk dihubungi atau diadakan wawancara lagi bila perlu.

 

2.TEKNIK OBSERVASI

Observasi atau pengamatan merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang cukup efektif untuk mempelajari suatu sistem. Observasi adalah pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang dilakukan.

I. Petunjuk melakukan observasi



Untuk melakukan observasi, hal-hal berikut ini harus dilakukan:

a. Rencanakan terlebih dahulu observasi yang akan dilakukan, meliputi :

    

                         1.     Apa yang akan di observasi;

2.    Dimana letak lokasi observasi;

3.    Kapan observasi akan dilakukan;

4.    Siapa yang akan melakukan observasi;

5.    Siapa yang akan di observasi;

6.    Bagaimana melaksanakan observasi ini.

b.    izin terlebih dahulu dari manajer atau pegawai-pegawai yang terlibat

c.    Bertindaklah dengan rendah hati (low profile)

d.    Lengkapilah dengan catatan selama observasi berlangsung

e.    Kaji-ulanglah hasil observasi dengan individu-individu yang terlibat


 "ANALISIS SISTEM" DALAM SISTEM INFORMASI


3.         TEKNIK DAFTAR PERTANYAAN

Adalah suatu daftar yang berisi dengan pertanyaan-pertanyaan untuk tujuan khusus yang memungkinkan analisis sistem untuk mengumpulkan data dan pendapat dari responden-responden yang dipilih. Daftar pertanyaan ini kemudian akan dikirimkan kepada responden yang akan mengisinya sesuai dengan pendapat mereka. Penggunaan daftar pertanyaan ini mendapat banyak kritikan karena diragukan hasilnya. Akan tetapi untuk mengumpulkan data dari jumlah sumber yang banyak, cara ini lebih efisien dibandingkan teknik pengumpulan data yang lain.

I.             Tipe dari daftar pertanyaan

Ada dua macam format dari daftar pertanyaan, yaitu format bebas ( free format ) dan format pasti (fixed format ). Dalam suatu daftar pertanyaan dapat hanya berbentuk format bebas saja atau format pasti saja atau berisi gabungan dari keduanya.

1.     Daftar Pertanyaan Format Bebas : berisi dengan pertanyaan- pertanyaan yang harus diisi oleh responden ditempat yang sudah disediakan.

2.    Format Pasti : berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sudah pastidengan memilih jawaban tersedia. Hasil dari daftar pertanyaan tipe ini akan lebih mudah untuk di tabulasi dan di isi oleh responden. Daftar pertanyaan tipe ini mempunyai beberapa bentuk pertanyaan.

a.    Check-off  questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini dibuat sehingga responden dapat memeriksa (check-off) jawaban-jawaban yang sesuai.

b.    Yes/No Questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’.

c.    Opinion/choice questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk memberikan pendapatnya.

II. Petunjuk Membuat Daftar Pertanyaan

a.    Rencanakanlah terlebih dahulu fakta-fakta atau opini-opini apa saja yang inin dikumpulkan.

b.    Berdasarkan fakta-fakta atau opini-opini tersebut, tentukanlah tipe dari daftar pertanyaan yang paling tepat untuk masing-masing fakta atau opini tersebut.

c.    Tuliskan pertanyaan pertanyaan yang akan diajukan.

d.    Uji daftar pertanyaan ini kepada responden yang kecil terlbih dahulu.

e.    Perbanyaklah dan distribusikanlah daftar pertanyaan yang sudah dianggap baik ini.


Bagaimana Guys? Masih Semangat Dong tentunya, karena Kita bakal lanjutin lagi ya pembelajarannya di Postingan Selanjutnya, Yuk Simak Terus Update-annya Jangan sampe ketinggalan...

Wassalamualaikum Wr Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI SISTEM INFORMASI "KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI"

SISTEM INFORMASI "IMPLEMENTASI SISTEM"

SISTEM INFORMASI "SELEKSI SISTEM"